Sunday, October 19, 2014

Roti Manis Dengan Metode Tangzhong


Bismillah

Pengen banget rasanya bikin roti. Biasa, ngeliat banyak ibu-ibu posting rerotian jadi terkompori juga deh. Niatnya pengen resep softbread NCC yang pakai 4 kuning telur, tapi setelah membuka kulkas, ternyata cuma ada 2 telur..hmmmm kalau bikin 1/2 resep nanti hasilnya sedikit, ga bisa bagi-bagi tetangga kanan kiri. Beli ke warung males jalan kaki nya. Kepikiran untuk dimodif dengan metode tangzhong. Skalian bereksperimen dengan keterbatasan telur :) Gugling sana sini ternyata malah bingung dengan berapa takaran adonan tangzhongnya jika pakai 500gr terigu. Semuanya pada nulis adonan yang sama tapi terigu di adonan rotinya lain-lain. Disini lah akhirnya saya temukan jawabannya. Oooo ternyata.
Saya pilih pakai 7% adonan tangzhong untuk 500gr terigu yang akan saya pakai. Sehingga rumusan adonan tangzhong nya adalah 7% x 500gr = 35gr dan airnya sebanyak 35 x 5 = 175ml. 

Adonan tangzhong :

Campur 35gr terigu protein tinggi dengan 175ml air, aduk sampai licin lalu panaskan dengan api kecil, aduk terus sampai adonan menjadi kental seperti pasta. Matikan api jika ada guratan bekas pengadukan. Dinginkan.

Fotonya burem yah ?
Adonan Roti Manis ala NCC

500gr terigu protein tinggi (saya pakai 465gr karena 35gr nya sudah dipakai di adonan tangzhong)
100gr gula pasir 
11gr ragi instan
1/2 sdt bread improver (saya ga pakai karena ga punya)
4 kuning telur (saya pakai hanya 2 kuning telur)
100gr margarin
200ml air (saya pakai 25ml susu karena yang 175ml nya sudah dipakai di adonan tangzhong)
100ml air untuk cadangan (terpakai sama saya 30ml)
sedikit garam

Bahan olesan roti :

Campur putih telur, madu dan susu. Komposisinya dikira-kira. Kenapa saya tidak pakai kuning telur untuk olesan ? Ya karena kehabisan :)

Filling Keju Susu by Catatan Nina

Bahan :

50gr terigu protein sedang
75gr keju cheddar parut
20gr susu bubuk full cream (saya pakai susu formula anak saya)
35gr gula halus (saya pakai gula pasir)
25gr margarin

Cara membuat filling :
  • Sangrai terigu sampai teksturnya menjadi ringan, matikan api
  • Campur semua bahan. Siap digunakan.


roti sobek isi keju susu
Cara membuat roti :
  1. Campur sampai rata terigu, gula dan ragi
  2. Masukkan adonan tangzhong yang sudah dingin, aduk.
  3. Masukkan telur, aduk lagi
  4. Masukkan air sedikit demi sedilit, jika adonan masih kering bisa ditambah air dari air cadangan, tapi tetap ya..sedikit sedikit aja.
  5. Masukkan margarin, uleni.
  6. Terakhir masukkan sedikit garam, uleni sampai kalis dan elastis. Saya nguleninya 30 menit non stop. 
  7. Setelah itu bulatkan dan diamkan di mangkok dan ditutup kain basah. Biarkan sampai mengembang 2x nya. Saya kemarin 20menit dah ngembang 2x.
  8. Panaskan oven
  9. Kempiskan supaya udaranya keluar semua. Lalu saya timbang masing2 30gr. Filling keju susunya cukup untuk 10 biji roti. Letakkan roti di loyang yang sudah dioles margarin/minyak, diamkan sampai mengembang 2x nya lagi. Setelah filling keju habis, saya pakai meises. Dan lagi, saya kehabisan meises, adonan roti manis yang masih banyak saya bikin pizza aja deh. Kebetulan ada sisa saos bolognaise dan keju moza nya pak tri mastercheese. Pizza nya ga sempet ke foto karena buru-buru dibagiin ke tetangga.
  10. Roti sudah mengembang, oles dengan bahan olesan, lalu langsung masuk oven.
  11. Saya taruh di tray paling bawah, 10 menit kemudian saya taruh di tray paling atas supaya dapat efek gosong di permukaan roti :)

walaupun olesannya ga pakai kuning telur, tetap bisa bagus :)
Begitu matang langsung dibagiin ke tetangga dan dibawa ke rumah Ibu, kebetulan disana lagi banyak orang, langsung ludes dalam beberapa jam. Rotinya ga sempat nginep jadi belum tau deh apakah masih tetap empuk keesokan harinya apa engga. Next time deh bikin lagi..Sekarang mengumpulkan tenaga dulu, tenaga untuk nguleni :)

Salam roti 

No comments:

Post a Comment