Wednesday, October 15, 2014

Pie Brownies

Bismillah

Alhamdulillah bisa nge-blog lagi setelah sekian hari ngrundel ga jelas di rumah. Kali ini ada event bikin bingkisan buat dibagi ke ibu-ibu pengajian skalian minta doa supaya Mas Diyo dan Dek Dipa menjadi anak yang sehat dan sholeh, aamiiiiin..heheheheee..ngasih bingkisan kok minta imbalan doa :) ga papa lah..Soalnya akhir-akhir ini sering galau sama anak-anak yang gampang banget kena batuk, akibatnya nafsu makan juga jadi gampang ngedrop. Apalagi tetangga-tetangga sering banget bilang Dek Dipa kurus..hadeuhhh, makin galau deh saya sebagai emaknya. Makanya saya minta anggaran ke bapaknya untuk bikin kue dan dibagi-bagi. Bapaknya tu sering banget bilang kalau mau anaknya gampang makan maka sering-sering lah kasih makan ke orang. Lhoh tapi kok saya kasihnya kue ? Nanti anak-anak saya suka nya makan kue dong ? Kalau kata ibu saya yang mungkin udah nyerah sama selera makan anak-anak, ga usah fokus ke nasi, apa aja lah yang penting kenyang. 
Karena dirumah ga ada asisten nginep, maka saya cari kue yang simple dan ga beresiko tinggi terhadap kegagalan. Pilihan back to brownies sungai cokelat lagi..saya bikin 30 biji. Simpel dan cepet.

barisan bingkisan brownies

Setelah 30 kotak selesai, saya bikin pie brownies. Kebetulan pie brownies ini dah waiting list lama banget. Ini snack buat anak-anak yang ngaji iqro. Kebetulan waktu dan tempatnya bareng sama ibu-ibu. Saya ga tau jumlah anaknya berapa, saya asal bikin aja. Kalau browniesnya masih setia sama brownies sungai dan kulit pie pilihannya jatuh ke resep milik Bunda Haifa BKR.

pie brownies manis :)

Well ini lah dia resep yang saya pakai untuk buat pie brownies ini.

Kulit pie, resep dari Bunda Haifa BKR

Bahan : 

250gr terigu protein sedang
200gr margarin
1telor utuh
Vanili

Cara buatnya :
  1. Oles cetakan pie dengan minyak
  2. Campur semua bahan dan aduk dengan garpu. Tadi saya ga nambahin air es karena adonan sudah lengket.
  3. Adonan dikepal dengan telapak tangan dan dimasukkan plastik kemudian dimasukkan lemari es selama 15 menit
  4. Setelah itu adonan saya bagi per 20gr untuk dicetak di cetakan pie.
  5. Masukkan adonan brownies 3/4 tinggi kulit, nanti browniesnya mengembang kok.
  6. Oven dengan api sedang, heheheheee saya ga tau berapa suhu ovennya, oven saya oven tangkring yang ga ada pengatur suhu. Saya pakai metode ngoven brownies sungai. Pertama dilektakkan di rak atas, jika sudah terbentuk crust, lalu saya pindah di rak tengah dan dibiarkan disana sampai matang.


behind the scene
Sedikit cerita  poto-poto pie brownies dulu ya..Waktu fotonya saya lakukan jam 7 pagi, pas pie brownies matang langsung saya jepret. Ga ada alasan lain selain rumah masih tenang, belum ada gemuruh anak-anak. Papan tripleknya cuma punya 2, kecil-kecil. Saya dapat dari triplek bekas, kebetulan Ibu lagi renovasi rumah, jadi banyak kayu yang bisa dimanfaatin. Papan cokelat dibalik triplek putih itu juga bekas kusen. Hehehehe..saya belajar poto-poto dengan memanfaatkan apa yang ada disekeliling. Jika diamati di poto-poto saya, belum atau malah tidak menggunakan props karena memang belum punya peralatan bagus dan cantik yang bisa dipakai untuk props :) Tapi ga papa deh, yang penting jepret jepret dan jepret dulu.

Baiklah, salam pie brownies.

No comments:

Post a Comment