Saturday, October 25, 2014

Black Bottom Banana Cake

Bismillah


Alhamdulillah ada orderan black bottom banana cake. Pengen juga ah ngerasain sendiri. Selama ini tiap ada pesanan kok ya ada aja salah satu bahan yang habis, jadinya jarang eksekusi cake ini untuk dimakan sendiri. Padahal Dek Dipa lumayan doyan sama cake ini.
Resepnya saya ambil dari mbak hesti workofart, salah satu dari sekian banyak blog favorit. Yang bikin saya berpikir adalah, resep mbak hesti saja sudah hasil modifikasi dari resep aslinya, lhah saya juga modif-modif :) heheheheee..ga papa lah, yang penting masih menyertakan sumber resep jadi masih menghagai hasil karya orang lain. 


Nama cake nya adalah black bottom, yang artinya hitam pada bagian bawah. Tapi kenapa punya saya cokelat ? Hehehee pastinya ada yang saya ganti bahannya. Well cekidot the recipe

Black Bottom Banana Cake by Mbak Hesti

Bahan :

  • 60gr butter (saya cuma 1ogr :), kalo banyak butternya harganya nanti ga cucok sama market saya)
  • 50gr margarin (saya pakai 100gr)
  • vanili (kadang pakai kadang lupa)
  • 75gr gula pasir halus (saya pakai 70gr gula pasir yang diblender)
  • 1 telur
  • 300gr pisang raja (saya pakai pisang ambon yang sudah matang sekali. Pisang dilumatkan secukupnya dan ditambah 2sdm air jeruk nipis supaya warnanya tetap putih selama proses pemanggangan)
  • 180gr terigu protein sedang (saya combine 165gr terigu dan 15gr maizena)
  • 1sdt BP (saya tidak pakai)
  • 1sdt BS (saya tidak pakai)
  • 1/2sdt garam halus (kadang pakai kadang lupa)
  • 25gr cokelat bubuk yang dilarutkan dengan 3sdm susu cair (ini bagian yang bikin 'black' dan saya ganti dengan yang anti ribet, yaitu pasta moka)
  • cokelat chip untuk taburan
Cara membuat :

  1. Panaskan oven dengan api sedang. Oles loyang 30x10 dengan margarin.
  2. Kocok mentega, margarin, vanili dan gula sampai pucat.
  3. Masukkan telur, kocok lagi. Masukkan pisang, kocok lagi.
  4. Masukkan tepung, aduk rata.
  5. Bagi adonan menjadi dua, salah satunya ditambah pasta moka.
  6. Tuang adonan pasta moka ke loyang, ratakan. lalu tumpuk denga adonan putih. Ratakan.
  7. Taburi dengan cokelat chips 
  8. Panggang sampai kira-kira 20menit, tes tusuk, jika ditusuk dengan lidi dan lidi keluar dalam keadaan bersih maka sudah matang kue nya.


Hasilnya enak. Teksturnya ringan. Ini baru pakai 10gr mentega ya..apalagi kalau 60gr, apalagi kalau full..hmmm ga kebayang deh. Dan juga ini cuma pakai 1 telur lho. Bener-bener ajib deh.

Dinikmati dengan kopi susu tambah yahuuuddd
Buat yang penasaran, worth to try lah pokoknya..kalo customer sukanya kue ini bantat. Pernah saya bikin mengembang dengan mengocok mentega, margarin dan gula sampai lama..e e e diprotes. Kebetulan lah, bikin asal cemplung-cemplung langsung jadi kue bantat yang digemari customer.

Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment