Sunday, October 5, 2014

Klappertaart Wilton

Bismillah

Liburan Idul Adha telah tiba. Ga ada asisten dan belum bisa masak macem-macem. Akhirnya diputuskan untuk membuat klappertaart untuk membalas hantaran tetangga. Heheheheee..tiap idul fitri atau Idul Adha selalu dapet hantaran ketupat sayur dari tetangga kanan kiri dan belum pernah membalasnya. Makanya kali ini diniatkan membuat yang saya bisa.

Resep dipilih yang klappertaart wilton, yang dimasak dan dioven. Ribet sih. Ga papa deh. Bikin setengah resep dari yang saya tulis dibawah, jadinya 3 buah di ramekin diameter 8cm dan 11 buah di alufoil bulat diameter 5cm. Tak disangka tak dinyana ternyata si bungsu suka. Dari resep asli dibawah, gula pasirnya saya kurangi. Di rumah ga ada custard, saya ganti pakai maizena. Heheheheee...


Berikut resep hasil gugling Klappertaart Wilton

Bahan :

1L susu cair plain
250gr gula pasir
50gr terigu
50gr maizena
50gr custard (saya pakai maizena)
6 kuning telur
150gr mentega
2 kelapa muda

Bahan topping :

6 putih telur
4sdm gula pasir
2sdm terigu
kayu manis bubuk
kismis
kacang kenari (saya ga pakai, karena ga punya)

Cara membuat :

1. Campur terigu, custard, maizena lalu dicairkan dengan 200ml susu cair. Diaduk sampai tidak menggerindil.
2. Rebus 800ml susu cair dengan gula pasir sampai mendidih, lalu masukkan larutan tepung, aduk-aduk cepat sampai licin. Matikan api. 
3. Masukkan mentega.
4. Masukkan kuning telur satu per satu dan terus diaduk.
5. Masukkan kelapa muda
6. Masukkan ke wadah. Panggang secara au bain marie selama 15menit, atau sampai permukaan tidak lembek.
7. Sembari menunggu adonan dipanggang, kita bikin toppingnya. Kocok putih telur dan gula pasir sampai kaku. Lalu masukkan terigu, diaduk. Masukkan ke plastik segitiga.
8. Setelah permukaan klappertaart tidak lembek, keluarkan dari oven, semprotkan adonan topping lalu sebarkan kismis diatasnya. Kalau saya, saya sebar kismis dulu baru saya tutup dengan adonan putih telur. Ayak kayu manis bubuk diatasnya. Panggang lagi sampai toppingnya matang.

Enak kalau dimakan dingin. Teksturnya lembut, kayak makan vla. Jadinya memang lebih cocok ditaruh di personal cup.

makannya disendokkin begini deh
Selamat makan

2 comments:

  1. Manteebbbbb... format tulisannya dirapikan lagi doonk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe..masih belajar nge-blog. banyak yang belum mudeng.

      Delete