Wednesday, October 15, 2014

Puding Telur Ceplok

Bismillah

Ni puding dah nge-hits dari jaman batu lha saya baru eksekusi sekarang. Sebenernya tahun lalu dah pernah sih, tapi dulu pake gelas puding yang kecil, yang mana dan dimana cetakan cucingnya ga muat masuk ke dasar gelas..akhirnya dengan kesusahan jadilah itu..setelah itu kapok bikin lagi, ribet ruwet susah. Tapi kemarin pas belanja di tbk ngeliat the real mould of puding telur ceplok ini. Beli lah saya. Selama berhari-hari saya mikir enaknya yang kuningnya bikin dari apa ya...yang jelas harus yang simpel dan ga pake ribet. Pas ke rumah Ibu, mbuka kulkasnya e kok ada mangga kecil-kecil 2 biji. Comot aja dan bawa pulang. Kepikiran deh bikin kuning telurnya pakai jus mangga dan nutrijell. Meluncur pula lah sepeda saya ke warung terdekat cari nutrijell mangga. Yess good dapet. Yuk maree kita bikin puding telur ceplok.

peralatan puding telur ceplok

Puding Telur Ceplok

Bahan untuk kuning telurnya :

2 buah mangga, saya pakai mangga cerry
1 bungkus nutrijell mangga
600ml air
Gula
Garam (tambahan dari ibu saya)

Cara buatnya : 

1. Blender mangga dengan 200ml air
2. Rebus 400ml air dengan nutrijell dan gula.
3. Kalau sudah mendidih masukkan jus mangga, masak sampai mendidih lagi.

nyetak kuning telurnya, banyak yang udah dicomot sama anak-anak..enak katanya :)

Bahan untuk putih telurnya :

Setengah kaleng SKM
Air dengan ukuran 2,5 kaleng SKM
1/2 bungkus agar-agar bening

Cara buatnya : 

1. Campur semua bahan, aduk dan masak sampai mendidih. 
2. Hilangkan uap panasnya.

How to assembly :

Ambil kuning telur, masukkan ke mika, lalu sendokkin agar putihnya ke pinggir mika. Lakukan sampai agar-agar habis.

adonan putihnya baru masuk setengah sendok



inilah hasilnya


hmm..dimakan dingin syegarrrr.

Salam puding :)

No comments:

Post a Comment