Thursday, October 23, 2014

Kue Ultraman dan Strawberry Shortcake wannabe

Bismillah

Mas Diyo dan Dek Dipa suka banget sama jagoan ultraman. Tiap setel youtube yang diminta ultraman. Baju ultraman selalu minta dipakai, sampai harus eyel-eyelan supaya mau pakai baju yang lain. Pas ulang tahun mereka saya ga bikin apa-apa. Well mumpung mereka belum mengerti hari ulang tahun, saya juga ga mau membiasakan melakukan selebrasi di hari ulang tahun. 
Mumpung hari ini ga ada kerjaan, bikin kue dekor ah. No concept and no imagination. Jadi tau kenapa hasil seni itu mihil harganya..ya karena ga semua orang punya jiwa seni dan keindahan, seperti saya ini.

cake pas keluar dari oven

Base cake nya pakai resep sponge cake NCC. Itu juga pakai setengah resep. Bisa jadi dua loyang bundar diameter 15 :)

cake yang bawah pakai loyang yang ditabur tepung, yang atas pakai kertas roti. 

Sponge Cake by bu Fatmah (ini setengah resepnya ya)

4 telur utuh
100gr gula pasir
113gr terigu protein sedang
50gr margarin leleh

Cara buatnya : 


  1. Panaskan oven dengan api sedang.
  2. Kocok telur dan gula sampai kental sekali. Matikan mikser.
  3. Masukkan terigu ke adonan telur dengan spatula dan dengan teknik aduk balik.
  4. Terakhir masukkan margarin leleh.
  5. Tuang adonan ke loyang yang sudah dioles margarin. Tadi saya iseng satu loyang oles margarin, tempel kertas roti dan oles margarin lagi. Yang loyang satunya lagi oles margarin dan tabur tepung. Maksudnya mau tau lebih gampang mana cake keluarnya, dan ternyata sama mudahnya :)
  6. Oven kurang lebih 15menit, tes tusuk. Saya kayaknya kelamaan deh. Ga sampai gosong sih tapi hasilnya kering banget, beremah.

Resep buttercream by Nenis Yasmincake 

1000gr mentega putih
200gr softcream
SKM merek Cap Enak
Simple syrup. Ini saya bikin sendiri dari 50gr gula dengan 100ml air panas
Perasa vanila atau suka-suka

Cara buat buttercream

Mikser sedikit demi sedikit mentega putihnya. Kocok sampai mengembang betul, sampai teksturnya ringan. Lalu masukkan softcream. Kocok lagi sampai mengembang ringan. Baru setelah itu suka-suka deh masukkin SKM dan simple syrupnya. Manisnya menurut selera masing-masing. Oia, mentega dan softcream harus dikocok sampai ringan supaya rasanya ga ngendal di mulut.


ini cake ultraman nya, so simpel karena ga kepikir mau dibikin kayak apa







Kue satunya saya hias pakai stroberi, maksudnya mau bikin strowberry shortcake gitu..tapi rasanya ga jelas :) dari awal udah salah sama cake nya. Eits bukan resepnya yang salah ya, tapi metode baking saya yang ngasal. Buttercreamnya juga bikinnya ngasal, ga pakai takaran dan ga pakai softcream, hasilnya jauuuhhhhh dibanding kalau pakai softcream. Inilah hasil coba-coba yang ga berhasil. Ga papa deh yang penting dari segi display nya bagus, heheheheee. Memuji diri sendiri.

strawberry shortcake wannabe





Happy dekor :)

No comments:

Post a Comment