Sunday, November 22, 2015

Pukis NCC

Bismillaah

Entah yang mana niat saya, membuat pukis atau ingin foto memakai piring baru :) Atau malah pengen memberdayakan loyang pukis yang sudah lama teronggok di pojokan. Well apalah, yang penting pukis sudah jadi, foto (walaupun belum puas sama hasilnya) sudah kejepret.



Pukis NCC by Fatmah Bahalwan

Bahan A :
25 gr terigu protein sedang
50 ml air
1 sdt (4 gr) ragi instan 

Bahan B :
3 telur
200 gr gula pasir (saya pakai 175 gr dan hasilnya kurang manis)
250 gr terigu protein sedang
300 ml santan sedang (saya pakai UHT plain)
50 ml minyak goreng
1 sdt garam (saya kelupaan)

Cara membuatnya :

  1. Campur Bahan A, aduk rata dan diamkan 15 menit atau sampai berbuih
  2. Ditempat lain, kocok telur dan gula sampai kental
  3. Di kecepatan mikser paling rendah, masukkan Bahan A, masukkan terigu bergantian dengan UHT
  4. Terakhir masukkan minyak goreng dan aduk dengan spatula. Diamkan 1 jam
  5. Panaskan loyang pukis dan oles margarin, keplok-keplok adonan dan tuang ke loyang, tunggu sampai berpori lalu tabur meses atau keju
  6. Setelah matang, angkat. Saya ga punya alat buat nyukil, saya cukil pukisnya pakai garpu dan hasilnya bikin jelek penampilan pukisnya :(






No comments:

Post a Comment