Monday, May 2, 2016

Es Kopyor Sintesis

Bismillaah

Panas-panas begini paling cocok minum yang seger-seger. Sudah lama saya mengincar es kopyor sintesis ini, Beli kelapa parut di deket rumah. Kenapa saya pilih kelapa parut, bukan instan saja ? Karena lagi pengen yang repot-repot :) Oia di resep mintanya 1000 ml santan dari 1 butir kelapa, 500 ml santan dari 1 butir kelapa. Kemarin saya kerjanya, air 1000 ml saya campur dengan 1 butir kelapa. Pas saya ukur hasil santannya kok lebih dari 1000 ml ya...Hehehee baru saya tersadar. Kelapanya sendiri kan mengeluarkan sari nya, jadinya lebih deh. Tai hasil akhirnya sih engga ngaruh signifikan. Kopyor ataupun kuah santannya tetep berasa kok..Berasa santan


Es Kopyor Sintesis (sumber : www.sajiansedap.com)

  • 1 1/2 agar-agar bening
  • 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • Gula pasir
  • sejumput garam
Campur semua bahan, takaran gulanya sesuai dengan selera masing-masing ya. Masak sampai mendidih 5 menit. Panas-panas sendokkan adonan diatas es batu. Akan terjadi pembekuan mendadak. Teruskan sampai adonan habis.
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • sejumput garam
Campur semua bahan, masak hingga mendidih. Diamkan hingga suhu ruang.

Cara penyajian : Sendokkan sirup cocopandan, tuang santan diatasnya, masukkan kopyor sintesis dan tambahkan es batu. 


No comments:

Post a Comment