Friday, January 16, 2015

Martabak Brownies

Bismillaah


Sejak pagi gelisah ngelihat pisang yang dibeli karena diskonan belum kejamah. Ada idepun tidak. Mau dibikin kue lumpur pisang, tapi kok rasanya saya ragu bakal laris sama anak-anak. Mau dibikin brownies pisang, DCC nya terbatas. Mau dibikin banana bread, anak-anak ga begitu suka cake..lagi pula saya juga malas ngeluarin loyang, oles-oles dan ngeluarin oven :) Pas anak-anak saya tawarin martabak manis mereka langsung mau. 
Kali ini mau nyoba variant lain dari martabak manis, yaitu martabak brownies. Seperti biasa, contekan dapat dari blog catatan nina dan bahan-bahannya menyesuaikan apa yang tersedia di dapur. Dan ternyata bikinnya lebih repot daripada martabak manis biasa..tapi tak apalah, mungkin dengan effort lebih akan didapat rasa yang lebih juga. 

penampakan permukaan martabak sebelum topping
Martabak Brownies 

Bahan :
  • 250 gr terigu protein sedang 
  • 1 sdm cokelat bubuk 
  • 1/2 sdt baking powder 
  • 1/2 sdm ragi instan 
  • 1/2 sdt soda kue 
  • 75 gr margarin 
  • 40 gr DCC cincang ( saya pakai WCC)
  • 2 telur utuh 1 kuning telur (saya pakai 3 telur utuh, karena kalau nyisain putih telur, saya ga tau bakal dipakai untuk apa nantinya)
  • 350 ml susu cair hangat (saya pakai uht cokelat)
  • 50 gr gula pasir
Cara buatnya :
  1. Campur terigu+cokelat bubuk+bp, aduk dan sisihkan 
  2. Cairkan margarin dan WCC, sisihkan
  3. Campur susu hangat dengan ragi, sisihkan
  4. Kocok dengan whisk telur+gula sampai mengembang dan gula larut
  5. Masukkan adonan no 1 bergantian dengan no 3 kedalam adonan no 4. Aduk rata
  6. Masukkan campuran no 2 ke dalam adonan no 5
  7. Diamkan  sampai 1 jam. Setelah itu panaskan cetakan hingga benar-benar panas
  8. Setelah cetakan panas, tuang soda kue ke adonan 6, aduk rata
  9. Gunakan sendok sayur untuk menuang adonan ke cetakan. Di saya jadinya 28 buah.

menurut saya, saya sudah berhasil mendapatkan seratnya. bagaimana menurut anda ?
Di dapur hanya ada susu kental manis dan meises, jadi ya toppingnya hanya itu saja :)

minim props :)

Karena koleksi props untuk FP belum mengalami penambahan, maka saya ambil kardus dan saya kuliti permukaannya dan saya gunting melingkar :) not so bad kan ya ??? Dan senangnya ketika anak-anak bolak balik minta martabak ini. 
Lah terus pisang yang sepertinya dah overripped mau dibikin apa dong ?


No comments:

Post a Comment