Sunday, January 4, 2015

Fluffy Eggless Donat Rani Fadilla

Bismillaah

Awalnya karena si anak ngrengek minta dibeliin donat merek ternama terus yang bisa bikin kantong bolong maka saya berinisiatif buat sendiri di rumah. Saya gugling resep/metode yang belum pernah saya coba. Pilihan jatuh ke fluffy eggless donat by mba Rani Fadilla. Karena ini buat anak-anak yang sedang butuh nutrisi maka saya menambahkan 1 telur utuh. Kebayang dong dengan penambahan bahan cair ini..yups, adonan bertambah encer, dan saya keabisan stok tepung. Adonan akhir wujudnya sangat lembek. Syusyah sekali dibentuk. Heheee...inovasi yang aneh. 


Baiklah..here is the recipe Eggless Fluffy Donat Rani Fadilla

Bahan :
180ml susu cair hangat
25gr gula pasir
1sdt ragi
250gr terigu protein sedang (saya pakai yang protein tinggi)
1 telur utuh (tambahan dari saya)
25gr margarin/mentega
1/2sdt garam


Cara membuat :
1. Campur susu hangat dengan gula dan ragi. Aduk dan tunggu 10-15 menit sampai berbuih
2. Tuang campuran susu ke dalam terigu, uleni. Lalu masukkan telur. Uleni
3. Campurkan margarin/mentega. Hmmm...disinilah terjadinya adonan yang sangat lembek. Setelah adonan tercampur, masukkan garam dan uleni sampai kalis. Adonan hanya menguleni semampu saya
4. Diamkan adonan dalam baskom yang dioles minyak dan tutup baskom dengan kain basah. Diamkan 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat
5. Setelah itu, kempiskan adonan, bagi-bagi sesuai keinginan. Disini adonan tetap lengket dan saya kehabisan tepung, jadi tangan saya lumuri minyak agar adonan tidak lengket
6. Diamkan lagi sampai adonan mengembang
7. Panaskan minyak, goreng dengan 1x balik saja.

Jika mau mencoba resep ini baiknya ikuti resep aslinya saja :)



1 comment:

  1. What are you nuts..? Your telur Utuh is Egg !!! That is the magic causing the fluffiness!! So glad I check these recipes. People can kill people quick.

    ReplyDelete