Monday, November 3, 2014

Terang Bulan alias Martabak Manis

Bismillah



Dari semalam mikir mau bikin snack pagi apa ya..soalnya suami berangkat kerjanya siang. Manalagi pengen mulai lari pagi lagi setelah berabad-abad. Badan sudah pada pegel semua.
Ahaii..dapat ide bikin terang bulan pakai happycall supaya bisa sekali masuk. Duluuuu pernah bikin pakai happycall, tapi totally bantat. Akhirnya beli cetakan bulet isi 7 lubang, dengan resep yang sama bisa berhasil. Sebelum lari, bikin adonannya dulu, ditinggal lari dan mampir beli sayur pas satu jam. Kalau ada suami di rumah saya bisa bermain di dapur dengan leluasa. Anak-anak dari melek sampai berangat ke sekolah diurusin beliau, tapi sarapannya tetep saya yang nyuapin. Foto-fotonya pas Mas Diyo sekolah, dan itu pun saya harus berebutan tab untuk moto sama Dek Dipa. Tab sudah ditangan, gantian gelas kopi yang mau diambil. Wehhhhh


Adonan sudah ada bubble nya. Panaskan jeng happy nya dengan api super kecil.


Terang Bulan a.k.a. Martabak Manis by Hesti workofart.blogspot

Bahan :
  • 250gr terigu protein sedang
  • 25 gr gula pasir
  • 1/4 sdt ragi instan
  • 1 telur
  • 325ml air (saya pakai full susu)
  • 1/2 sdm tepung sagu
  • Garam (saya ga pakai)
  • 1/2 sdt soda kue yang dilarutkan dengan sedikiiitttt air.

Bahan isian :
Gula pasir untuk taburan
Margarin untuk olesan
Meises
Keju cheddar parut
Susu kental manis

Cara buatnya :

  1. Campur semua bahan kering dan telur kecuali soda kue. Tuang susu sedikit-sedikit sambil terus diaduk sampai adonan licin, kalau perlu disaring supaya tidak ada butiran-butiran. Istirahatkan kurang lebih 1 jam.
  2. Panaskan cetakan diatas api kecil.
  3. Masukkan soda kue ke adonan, aduk rata, tuang ke cetakan, tunggu sampai ada lubangnya.
  4. Taburi dengan gula pasir, tutup sampai matang. Angkat
  5. Oles dengan margarin agar lentur, isi dengan bahan isian dan susu kental manis.
  6. Lipat dan potong-potong, sajikan.

Saya ga punya piring saji, jadinya talenan bopeng pun turun gunung

Serat-seratnya ga sebanyak kalau saya bikin pakai cetakan kecil dan rasanya ini milky. Lupa saya, ada yang bilang kalau bikin martabak manis jangan full susu. 

Selamat makan :)

No comments:

Post a Comment