Monday, November 10, 2014

Pudding Mozaik

Bismillaah

Masih dalam rangka menyambut tamu, saya bikin puding, tapi saya ga mau ribet dan maunya hemat akhirnya saya pilih puding mozaik dari Bunda Ricke ordinarykitchen. Ini saya review bahan dikit ya, waktu saya beli bahan di pasar, saya minta agar agar merek swallowglobe bening, tapi ternyata habis. Yang bening tinggal dua merek, saya lupa mereknya. Saya bingung juga kenapa orang-orang termasuk saya sendiri milih swallowglobe. Kata penjualnya memang swallowglobe yang paling bagus, dan dua merek yang ada itu kualitasnya dibawah swallowglobe. Akhirnya saya pilih salah satu. 
Ternyata dirumah masih ada setengah bungkus swallowglobe warna merah (atau pink?). Saya masak juga deh buat perbandingan rasa. Eh bener, dengan perbandingan air yang sama tekstur yang swallowglobe 'kres' padat yang merek lain itu agak goyang. Dan reviewnya bunda ricke tentang pudding mozaik ini memang kres. 


Puding Mozaik oleh Ricke ordinarykitchen.blogspot

Bahan A:
  • 1 bungkus agar agar bening
  • 150gr Gula pasir 
  • 900ml Air
  • Pewarna

Bahan B:
  • 1 bungkus agar agar bening
  • 1/2 kaleng susu kental manis putih
  • 50gr gula pasir
  • 600ml air
  • Vanili

Bahan vla :
  • 400ml air
  • 50gr gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 65ml santan kental
  • 1/4 sdt garam
  • Vanili
  • 1 sdm maizena yang dilarutkan dengan 2 sdm air

Cara membuat :
  1. Bahan A : campur semua bahan, masak hingga mendidih. Angkat dari api. Bagi menjadi dua wadah, beri warna yang berbeda. Lalu aduk dan diamkan hingga beku. Setelah beku, potong persegi atau keruk saja dengan sendok makan. Tata didalam loyang.
  2. Bahan B : campur semua bahan, masak hingga mendidih. Angkat dari api. Aduk-aduk supaya uap panas lebih cepat berkurang, setelah dingin, siram ke dalam loyang yang berisi bahan A. 
  3. Bahan vla : panaskan air, gula pasir dan pandan sampai mendidih. Masukkan santan, aduk sampai mendidih lagi. Masukkan garam dan vanili. Terakhir masukkan larutan maizena, masak hingga meletup.


tinggal tersisa segini, langsung santap diatas piring saji aja deh

Rasanya krenyes-krenyes gurih deh...enyakkkkkk. 

Selamat menikmati :)

No comments:

Post a Comment