Saturday, November 22, 2014

Cheddar Cheese Cake

Bismillaah

Kembali berkutat dengan ciskek, kalau mau bikin ciskek ini hati harus super kalem, jangan grogi, karena nanti ada sesi mengocok putih telur hingga softpeak dan sesi membalik cake dari loyang ke mika. That will make my hands shaking kalau grogi :)

dioles selai blueberry palleta dan ditongkrongin 4 buah strawberry
Ciskek ini buat bawaan main ke rumah adik di Rawamangun, kebetulan anak-anak kangen sama adek sepupunya. 

softpeak putih telur
Here is the recipe, Cheddar Cheese Cake by Elly Aljo's Mom

Bahan :
  • 130gr susu cair
  • 40gr unsalted butter (saya pakai margarin)
  • 125gr cheddar parut (saya pakai 133gr)
  • 20gr terigu protein sedang (saya pakai 25gr)
  • 15gr maizena
  • 3 kutel
  • 1 sdt air lemon (saya pakai jeruk nipis)
  • 3 putel
  • 80gr gula pasir (saya pakai 70gr)
  • 1 sdt air lemon (saya pakai jeruk nipis)
Caranya :
  1. Siapkan loyang oval, oles minyak, lapisi kertas roti dan oles minyak lagi
  2. Siapkan loyang yang lebih besar dari loyang oval, isi air sebanyak (maksimal) 1/4 tinggi loyang oval. Masukkan ke oven. Panaskan oven
  3. Campur susu, butter, cheddar, masak dengan api kecil, diaduk sampai semua tercampur dan licin. Jangan sampai gosong
  4. Dalam keadaan hangat masukkan campuran terigu dan maizena, aduk sampai licin, masukkan kuning telur dan air lemon, aduk lagi
  5. Ditempat terpisah, kocok putih telur, gula dan air lemon, kocok hingga softpeak saja
  6. Sebagai pancingan, masukkan 1/3 adonan putih telur ke adonan kuning telur, selanjutkan masukkan adonan pancingan ke adonan putih telur. Aduk hingga rata
  7. Tuang ke loyang oval, letakkan loyang oval ke loyang yang berisi air. Ini yang disebut cara panggang au bain marie. oven kira-kira 50menit. Tes tusuk, jika tusukan bersih maka tandanya sudah matang. Matikan api, buka sedikit pintu oven
  8. Biarkan cake dingin di oven. Perhatian : loyang oval saya isi 7/8 saat proses pemanggangan, adonan naik sampai setinggi loyang, tapi saat matang dan dingin, kembali ke tinggi semula
  9. Setelah cake dingin, pinggirannya akan terlepas dari loyang, seset perlahan supaya tetep mulus, balikkan cake diatas kain bersih dan balikkan kembali ke alas kue



Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment