Sunday, November 30, 2014

Prol Tape Gluten Free

Bismillaah

Niatan mau bikin cake tape, tapi kok rasanya kalo cake tape ga ada yang antusias. Soalnya kalau cake tape rasa tapenya kan hanya sebagai pemanis. Ya sudah gugling prol tape. Eitsss tapi kan saya ga punya tape singkong. Beli di pasar rasa tapenya gitu, masih keras, ga manis dan dan begitulah..Nyobain peyeum Purwakarta ah. Kerja di Purwakarta kok ga pernah ngrasain peyeumnya. Nitiplah saya ke teman, minta beliin 1 kilo. Soalnya di resep prol tape Hesti hanya butuh 300gr. Nitipnya yang warna kuning, lembek dan manis. Tapi apa daya, toko langganan teman tutup, dapatnya peyeum nya putih, agak keras dan agak manis. Dibeliinnya 1,5 kilo dan gretongan. Wahduh kok gratis begini sih, kalau begini mah harus balas budi. Satu resep trial pakai tepung GFF dan yang sattu resep pakai terigu untuk dibagian ke teman.
ini yang GFF
Prol Tape by Hesti-workofart.blogspot.com

Bahan :
  • 300gr tape bersih tanpa serat (saya pakai 350gr supaya peyeumny cepat habis)
  • 75gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam 
  • 3 telur
  • 70gr terigu protein sedang (saya pakai tepung GFF)
  • 50gr margarin leleh
  • 100ml susu cair
  • Keju atau kismis atau wijen untuk taburan

Cara masaknya : 
  1. Panaskan oven, siapkan loyang 20x20, oles minyak, lapisi dengan kertas roti atas oles minyak lagi
  2. Lumatkan tape dengan gula pasir dan garam sampai tercampur rata dan halus
  3. Masukkan telur satu per satu supaya gampang proses pencampurannya
  4. Masukkan teigu, aduk sampai tercampur
  5. Lalu masukkan margarin leleh dan susu
  6. Tuang di loyang, ratakan permukaannya dengan spatula, taburi keju parut atau wijen atau kismis atau chocochip, terserah seadanya dirumah saja

Review tentang tepung terigu vs tepung GFF, dari segi rasa ga banyak berpengaruh (apa lidah saya yang kurang sensitif ya?) tapi tepung GFF masaknya lebih lama. Bagian tengah cake lama sekali set nya. Saya pilih pakai GFF karena konon gluten yang ada di terigu baru bisa dicerna sempurna oleh tubuh selama 3 hari, jadi maksud saya sih mau memperingan kerja tubuh.

Hal yang saya tunggu saat cake keluar dari oven adalah waktu saya motret hasil karya saya. Tapi entah bagaimana kok hasilnya ga ada yang memuaskan hati.
ini yang pakai terigu
Selamat mencoba ya

No comments:

Post a Comment