Saturday, November 8, 2014

Putu Ayu (seharusnya) Pandan

Bismillah

ada mawar, tulban dan heart


Kenapa judulnya aneh ? Ya karena warna ijo pandannya sembunyi. Putu ayu ini maksudnya untuk praktekin pewarna pandan homemade saya. Hiks tapi saya bingung bagaimana ngambil sari pandannya, jadinya cairan yang dibagian atas lah yang saya ambil sebagai pewarna, hasilnya ? Ya seperti gambar saya, mblaur. Mana salah pula bikin santannya. Santannya saya pakai santan kemasan 200ml dan seharusnya ditambah hanya 25ml, tapi saya tambah sampai 150ml. Ini gegara catatan resep putu ayu pandan sebelahan sama resep pukis..jadi deh salah. Rasa putu ayunya jadi kurang kuat :( kurang santan dan kurang pandan...ohemjiii. Lain kali harus fokussss, liat dan baca hanya satu resep supaya termemori kuat di otak.

Resep Putu Ayu ini saya ambil dari bunda Ricke ordinary kitchen

Bahan :

  • 250gr terigu protein sedang
  • 4 telur
  • 125gr gula pasir (menurut saya kurang manis)
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt sp (adonan harus antre masuk kukusan jadi saya tambahin sp)
  • 200ml santan yang sudah dimasak (pas mendidih yang pertama langsung matikan api)
  • 200gr kelapa parut yang muda ditambah garam lalu dikukus dengan 2 lembar daun pandan
  • Pasta pandan

Cara memasak :

  1. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan kain bersih
  2. Oles cetakan dengan minyak
  3. Taruh kelapa parut didasar cetakan lalu ditekan
  4. Mikser telur, gula dan sp hingga kental 
  5. Masukkan santan dan terigu bergantian dengan spatula
  6. Masukkan pasta pandan
  7. Tuang di cetakan
  8. Masak 15 menit

Hasilnya ada 35 biji dengan model cetakan yang macem-macem itu. Satu cetakan kira-kira diisi dengan 1,5 sdm adonan. Ohhh nasib, padahal untuk jamuan arisan dirumah tapi kok ya begini 

Selamat...(entah selamat apa, saya kehilangan semangat)


No comments:

Post a Comment