Sunday, November 2, 2014

Bolu Kukus Mekar Ekonomis

Bismillah..

Setelah sekian lama cetakan bolkus ini nganggur, kemarin saya pakai untuk praktek bolu kukus ekonomis milik mbak Adhe Ermalia. Cetakan ini adalah first mould yang saya beli saat saya tertarik di perbakingan. Beli di pasar dan milih yang paling kecil, belinya langsung dua lusin. Ternyata e ternyata cetakan kayak punya saya ini ga ada papercup yang suitable. Hueeehhhhh...


Bolu Kukus Mekrok Ekonomis by Adhe Ermalia

Bahan :
250gr terigu protein sedang
200gr gula pasir
1 telur
1sdt sp
2 sdm susu bubuk
200ml air/susu/santan/air kelapa
Vanili
Pasta atau pewarna

Cara buat : 

  1. Panaskan kukusan, tutup kukusan dibungkus kain supaya uap tidak menetes ke adonan. Kumpulkan uap sampai banyak.
  2. Mixer semua bahan sampai adonan putih kental, kalau disendok susah jatuh. 
  3. Bagi adonan menjadi beberapa warna 
  4. Tuang adonan ke cetakan selang seling. Kalau saya putih - moka - putih - moka. Ribet sih, tapi nanti dapet efek zebra :)
  5. Kukus 10 menit, angkat.


Satu resep di cetakan saya dapet 15. Anak-anak suka. Saya icip bolunya lembut, ga seret. Oke deh saya bikin lagi satu resep, saya coba pakai filling selai bluberry, tar bagi-bagi ke tetangga. Satu sendok makan selai dicampir dua sendok makan adonan putih. Cara tuang saya ke adonan adalah putih - adonan selai satu sendok teh - putih - adonan ungu. E e e e hasilnya bantat. Keberatan di adonan selai nya. Baca di resep Bunda Ricke sih harusnya satu sendok makan selai dicampir dengan lima sendok makan adonan putih..akibat menyalahi aturan ni..padahal teorinya dah tau, coba dulu resep sesuai dengan aslinya, kalau sudah berhasil baru modif sesuka hati. Ini yang ada mbandel. Ga jadi deh bagi-baginya. 


Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment