Wednesday, November 19, 2014

Chewy Fudgy Brownies

Bismillaah

Dalam rangka pengen bingitz ikutan Brownies Week NCC, saya cari-cari resep yang belum nge-hitz. Soalnya ROTG nya mengharuskan modifikasi resep brownies yang sudah nge-hitz, semisal brownies pennylane, brownies setengah kilo. Padahal saya belum bisa modif-modif resep, belum siap mental menerima kegagalan :)
Browsing ke google dan pinterest, skalian nyontek-nyontek style fotonya, akhirnya pilihan jatuh ke sallysbakingaddiction di chewy fudgy homemade brownies. Pilihan nyontekan jatuh kesana karena bahan semua ada di lemari dapur dan satuan beratnya sudah dalam bentuk gram.


Adonan yang terbentuk sangat encer, dan sampai 20menit di tray oven paling bawah, adonan malah bubbling kayak air mendidih, wahduh alamat nihhh..baca-baca resep lagi, ooo tunggu sampai 30menit dulu. Setelah 30menit, saya lakukan tes tusuk di berbagai macam lokasi. Dan benar, dipojokkan sudah set, hanya sedikit crumb yang menempel di tusukan, hanya saja bagian tengahnya yang masih liquid. Biar deh, langsung saja saya pindah ke tray paling atas. Soalnya kan kalo kekeringan nanti ga dapet fudge nya. 


Pas 5menit di tray atas, loyang saya keluarkan dari oven, lalu saya diamkan, setelah dingin saya masukkan kulkas. Kenapa harus masuk kulkas ? heheheee..saya kurang tau alasannya, saya hanya ikut-ikutan. Ibu-ibu di grup sebelum brownies dikonsumsi selalu dimasukkan kulkas dulu.


CHEWY FUDGY HOMEMADE BROWNIES

Bahan :
  • 115gr butter (saya pakai margarin)
  • 228gr DCC (saya pakai campuran WCC dan DCC)
  • 150gr gula pasir
  • 50gr brown sugar (saya pakai gula merah)
  • 3 telur ukuran besar
  • 80gr terigu protein sedang
  • 11gr cokelat bubuk
  • 1sdt vanila
  • 1/4 sdt garam
  • 180gr chocochip (saya ga pakai)
Cara membuat brownies :
  1. Panaskan oven dengan api sedang cenderung besar. Oles loyang 20x20 dengan minyak, beri kertas roti dan lebihkan di kedua sisinya supaya browniesnya nanti gampang dikeluarkan
  2. Tim DCC dan margarin sampai semua leleh, pindahkan ke mangkuk yang besar
  3. Masukkan gula pasir dan gula jawa, aduk, lalu masukkan telur satu per satu. Aduk hingga licin setiap kali memasukkan telur
  4. Masukkan campuran terigu, cokelat bubuk, vanila dan garam. Aduk
  5. Tuang adonan ke loyang. Oven selama 30-35 menit. 
  6. Jangan lupa tes tusuk. Jangan overbake ya


Happy baking friends :)

No comments:

Post a Comment