Sunday, February 8, 2015

Roti Rakyat NCC

Bismillaah

Saya lagi tertarik bikin resep-resep ekonomis nih. Mau bikin roti yang bisa dijual under 1000. Haree geene pakai uang 1000 rupiah ? Makanya, daripada saya penasaran, saya coba resep roti rakyat ini, yang bahannya tanpa telur dan susu. Dari konsultasi dengan pemilik resep, mbak Rini Anggreini terigu protein tinggi jangan sampai diganti dengan terigu protein sedang, apalagi yang rendah, karena mempengaruhi kelembutan roti. Menurut review-review pencoba resep ini pun roti ini walaaupun ekonomis tetep lembut sampai 3 hari. Well let me proof it. Tapi sedikit bandel, pakai terigu protein sedang :) Dan juga kalau di resep pakai 1 kg tepung, karena mau coba nguleni pakai mikser miyako maka saya hanya pakai 200 gr.


Roti Rakyat NCC resep milik Rini Anggreini

Bahan :
  • 200gr terigu protein sedang
  • 50gr gula pasir
  • 2gr ragi instan
  • 120ml air
  • 20gr margarin
  • sejumput garam
Cara membuatnya :
  1. Campur terigu, gula dan ragi. Aduk rata
  2. Masukkan air, uleni sampai kalis
  3. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Ditahap ini sya biarkan mukser miyako bekerja. Kerjanya glodakan, kasar. Maka beberapa menit saya matikan, supaya mesin mikser kesayangan ini ga kepanasan. Adonan 200gr terigu ini dibuat elastis dalam waktu 15 menit. Adonan lengket sekali
  4. Proofing sampai mengembang 2x. Karena kemaren Ahad cuaca mendung maka saya proofing selama 2 jam
  5. Setelah itu adonan dikempeskan dan ditimbang menurut keinginan saya, yaitu 25gr, dan saya isi meses. Ini jadi 14 pcs ditambah 1 pc berat 10gr
  6. Proofing 45 menit, lalu dioven. Permukaannya tidak saya oles dengan apapun
  7. Setelah matang, olesi permukaannya dengan margarin


Hasil yang saya dapat adalah rotinya mengembang indah, bentuknya pun cantik, tapi saat digigit..eng ing eng..seret. padahal dengan adonan yang banyak air seharusnya empuk. Well mungkin karena :
  • saya ngeyel pakai terigu protein sedang
  • ngovennya kelamaan karena 'diganggu' rengekan Dipa
Lain kali dicoba sesuai resep lah ya. 

No comments:

Post a Comment