Tuesday, February 3, 2015

Arem Arem Mie

Bismillaah


Sudah dua kali ini saya bikin arem arem mie. Aslinya agak males bikin sendiri, lha wong yang makan juga cuma saya, suami dan anak-anak kok. Tetangga saya yang cuma berjarak 2 rumah pernah bikin arem-arem mie, dan rasanya weennaaakkkk. Pengen pesen kesana ternyata dah ga bebikinan lagi, capek katanya..Nyari yang jual arem-arem mie di Bekasi Timur cabang Bulak Kapal ini susah. Manalagi saya bukan tipe orang yang suka beredar. Hmmm daripada ngiler saya nekad bikin aja deh. 
Waktu bikin yang pertama kali dulu, pakai 200gr mie telor dan ludes dimakan anak-anak pakai saos botolan. Hebat, bisa-bisanya mereka doyan. Eeee setelah saya analisis, ternyata saat itu mereka belum makan siang, jadi perut dalam keadaan laper :)
Kalau sekarang motivasi bikin arem-arem karena ada stok mie telor 2 bungkus yang sebentar lagi ketemu tanggal kadaluwarsanya. 

Arem-Arem Mie a la chef amatiran

Bahan 

300gr mie telor
Santan dari 1 kelapa (saya lupa ngukur airnya...pokoknya sampai bisa merendam mie di panci)
Sejumput garam
2 telor
Daun pisang yang masih muda supaya gampang saat membungkusnya
Biting

Bahan isian (ragut) :
1/2 bawang bombay diiris halus
2 keprek bawang putih diiris halus

3 sdm minyak goreng
2 kentang ukuran paling kecil, dipotong kotak-kotak
1 wortel ukuran sedang, dipotong kotak-kotak
1 jagung manis dipipil
Ayam suwir
Air secukupnya ( pakai kaldu mungkin lebih yahud ya )
Garam, gula, merica
2 sdm maizena dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuatnya
  1. Rebus mie telor dengan santan. Tambahkan garam. Rebus sampai santannya habis. 
  2. Biarkan uap panasnya hilang. Lalu masukkan telur kedalam mie, aduk rata
  3. Ragut : Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan kentang, wortel, jagung. Tambahkan air. Masak hingga sayuran matang. Lalu masukkan ayam, tambahkan garam, gula, merica. Icip-icip. Lalu kentalkan dengan larutan maizena
  4. Assembly : ambil satu sendok makan adonan mie diatas daun pisang, isi dengan ragut. Kunci dengan biting. Dengan resep ini menghasilkan 25 bungkus.
  5. Kukus selama 1 jam.

Selamat makan :)




No comments:

Post a Comment