Friday, February 27, 2015

Nastar NCC


Bismillaah




Nastar..ternyata cara bikinnya ga sesimpel namanya. Kali ini bikin nastar karena ada orderan 5 toples @500gr. Ngelembur bikinnya hebat banget. Soalnya saya baru kali ini nerima orderan kue toples. Bikin nastar pun baru 1 kali. Saat bulan puasa kemaren, nyoba resepnya..resepnya siapa ya..dan seingat saya pun ga full 1 resep. Bikin selai nanasnya dulu pakai nanas yang kecil. Jumat siang nerima orderan, jumat malam belanja ke tbk dan saat anak-anak tidur mulai deh kerja bikin selai. 

Mulai dari marut nanas jam 11 malam dilanjut dengan masaknya. Memasak 'hanya' 5 nanas palembang yang ukurannya besar ga disangka memakan waktu sampai jam 2 dini hari. Itu pun masih belum asat bener. Besoknya jam 5 saya mulai masak lagi sampai jam 6.30. Sambil nunggu selainya dingin, saya mengerjakan 5 toples putri salju. Hmmm..awal-awal nya kok susah banget adonan dikeluarin dari cetakan, tapi selanjutnya dapat hidayah kalau cetakan dilumuri terigu dulu sebelum buat nyetak adonan, alhamdulillaah gampang banget keluarnya. Ga disangka bikin 2 resep putri salju bisa langsung dapat 5 toples. Abis dhuhur putri salju selesai masuk di toples. Putri salju nya ga bisa di jepret karena habis. Sisa-sisa nya habis dimakan dipa, tak bersisa.Setelah selesai dengan putri salju, leyeh-leyeh sebentar. 

Lanjut dengan nastar. Saya buat 1,5 resep nastar NCC dengan harapan akan dapat 5 toples lebih, karena menurut teman-teman yang sudah bikin, 1 resep ada yang dapat sampai 4 toples. Mulai lah saya nimbang adonan. This was the hardest part. Nimbang cuplis-cuplis per 7 gram rasanya WOW. Ga nahan saya minta temenin suami saat nimbang supaya ga BT. Lanjut suami saya ikutan nimbangin. Hmmm..rasanya melatih kesabaran banget deh. Suami saya menyerah. Dia berhenti. Katanya 'Mi, lain kali kalau ada orderan nastar lagi kita buat yang premium biar harganya lebih mahal. Capek nimbanginnya kan sama aja.' Hehehehee...sampai malam jam 19 adonan nastar baru masuk oven. 
Weleh weleh weleh...sambil nunggu matang, baru deh nyari hape buat bbm-in temen-temen gimana cara bikin nastar yang efektif dan efisien, yaitu adonan digilas tipis lalu dicetak bulat. Ya deh, nanti kalau bikin nastar lagi akan dicoba cara ini. Dan ternyata selainya setelah mateng dan dingin harus dimasukkan kulkas supaya set dan gampang dipulung. Saatnya nastar dioles kuning telur. Saya ikutan diresep yaitu hanya 3 kuning telur ditambah 1 sendok teh susu cair. Tapi ternyata saya boros banget. Belum selesai semua dioles, bahan olesn sudah habis. Saya modif aja bahan olesannya. Bukan ditambah susu tapi saya tambahkan minyak goreng. Wahh warna kuningnya lebih kuning ketimbang dengan susu..lebih cair pula, jadinya lebih hemat deh :) setelah semua nastar matang dan dingin, saatnya masuk toples. Eng ing eng, ternyata cuma dapat 4,5 toples. Oh well kita istirahat dulu yahh..hari sudah larut dan pinggang saya pun pegel.Besoknya lanjut buat nggenepin isi toples yang masih kurang itu. Saya pakai cara giling dan cetak, cetak bulatnya pakai gelas. Dan saat adonan itu saya timbang, pas banget beratnya. Alhamdulillaah. 

Saatnya bikin nastar dengan cara yang benar. Adonan nastar oke, selai bisa dipulung dan olesannya saya bikin campuran dari kuning telur, susu dan minyak goreng. Hmm..great combination.Hehehee..panjang banget ya cerita saya. Ternyata saya baru tau bahwa nastar itu kue mahal di tenaga.

Nastar NCC by Fatmah Bahalwan

Bahan :
  • 250 gr mentega dan 250 gr margarin (saya pakai 30% mentega)
  • 100 gr gula halus
  • 4 kuning telur
  • 700 gr terigu
  • 4 sdm susu bubuk full cream (saya pakai 1 saset saja) 
Cara buatnya : 
  1. Kocok mentega, margarin dan gula halus sebentar saja hanya sampai tercampur
  2. Masukkan kuning telur, kocok lagi
  3. Masukkan terigu yang sudah dicampur dengan susu, aduk dengan menggunakan spatula. Timbang sesuai selera. Kalau saya adonannya per 7-8 gram
Bahan Selai 
  • 4 nanas palembang
  • 200 gr gula pasir atau sesuai selera
  • 1 sdt garam
  • 1 potong kayu manis
Cara buat selai nya :

Parut nanas, masak bersama garam dan kayu manis hingga air nanasnya habis, lalu masukkan gula, lalu masak dengan api kecil hingga adonan liat. Sebelum digunakan, masukkan selai minimal 1 malam supaya lebih set.

Mas Diyo langsung minta, lahap bener makan nastarnya
yang ini bagian ngabisin putri saljunya
Demikianlah cerita nastar saya.


No comments:

Post a Comment