Thursday, May 21, 2015

Donat Kentang

Bismillaah

Ditawari bisnis sama anak tetangga, anak SMA, supaya aku bebikinan lalu dia yang jual di sekolahnya. Dia dan teman-temannya pengen donat kentang. Weleh, itu kan repot. Tapi saya jalanin juga :) Sampai dengan hari ini, Kamis 21 Mei, 2x jualannya :) Melelahkan, manalagi sedang kosong asisten. Foto-foto juga ga bisa maksimal,  hanya bisa nunjukikin montoknya donat, ga bertema.
Alhamdulillaah, donat kentang ini cucok dilidah saya, suami dan anak-anak. Katanya empyuk dan ringan kayak  donat di mal. 
Sebenarnya dulu saya pernah bikin, saat belum ada mikser :) adonannya luengket, walaupun saya uleni selama 30 menit pun ga merubah keadaan. Tapi semenjak ada mikser Pak Damar, saya senang sekali. Saya coba pakai 2,5x resep dibawah, ternyata masih kuat dan hanya butuh waktu 15 menit sampai dengan kalis elastis. Bravo pak # eh kok malah promo 

Donat Kentang by Nina Naura Cake BMS #3

Bahan :
  • 500 gr terigu protein tinggi
  • 75 gr gula pasir
  • 250 gr kentang kukus dihaluskan
  • 11 gr ragi dilarutkan dengan 150 ml air, tunggu sampai larutan berbuih
  • 2 kuning telur
  • 75 gr margarin
  • sejumput garam
Caranya :
  1. Campur dan aduk rata terigu+gula+kentang dan larutan ragi
  2. Masukkan telur, aduk lagi
  3. Masukkan margarin, lalu garam
  4. Uleni hingga kalis elastis
  5. Proofing sampai adonan mengembang 2x
  6. Kempiskan lalu timbang sesuai selera
  7. Bulatkan dengan baik, lalu diamkan sampai mengembang 2x
  8. Panaskan minyak yang banyak, jika sudah panas, kecilkan api, ambil adonan donat dengan menusukkan jari telunjuk ke bagian tengahnya, setelah keangkat masukkan jari telunjuk yang satunya lalu diputar-putar danmasukkan penggorengan. Di penggorengan diputar-putar dengan sumpit sampai mengembang lagi
  9. Masak dengan 1x balik saja
  10. Biarkan dingin sebelum di topping



model topping di hari pertama

model topping hari ke dua


1 comment: