Friday, May 8, 2015

Chocolate Truffle Cake A la A la

Bismillaah
final result

Kalau kata orang Jawa Tengah tuh kemecer..saya kemecer liat postingan temen di fb, postingannya adalah choco truffle cake. Hiasannya simpel tapi elegan, khas-khas choco cake gitu lah, didominasi warna cokelat.
Kebetulan ada undangan silaturahmi syukuran nikahan temen kerja suami, bikin ah untuk buah tangan. Tapi lumayan bingung dalam memilih resep cake nya. Dua hari liat-liat di gugel berbagai resep sponge cake. Saya pilih sponge cake yongki 10 telur saja lah..Hitung-hitung trial resep baru.

Resep Sponge Cake Yongki 10 telur

Bahan A :

  • 10 kuning telur
  • 5 putih telu150 gr gula pasir (saya pakai 140 gr)
  • 10 gr sp
  • sedikit vanila susu ny. liem
Bahan B :
  • 100 gr terigu protein sedang atau rendah
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm maizena
Bahan C :
  • 150 gr margarin/mentega
  • 1 sdm SKM 
  • pasta cokelat
Cara masaknya :
  1. Panaskan oven. Siapkan 2 loyang bulat 22 cm tinggi 4 cm. Oles dengan minyak, beri kertas roti dan oles lagi dengan minyak
  2. Lelehkan margarin/mentega, jangan sampai over karena bisa menurunkan daya ikat. Setelah dingin masukkan SKM dan pasta, aduk, sisihkan
  3. Mixer bahan A hingga kental berjejak. Pakai mixer Mi*a*k* lumayan lama
  4. Masukkan bahan B sambil diayak ke bahan A, aduk balik
  5. Masukkan campuran bahan C, aduk balik lagi sampai tercampur semua
  6. Tuang adonan ke dua loyang, hasilnya lumayan tinggi, tes tusuk. Jika sudah tidak ada yang menempel di tusukkan, pindah ke rak paling atas untuk mengeringakan permukaan, sebentar saja. Hal ini supaya cakenya tidak menciut
Ganache nya saya bikin ekonomis saja, tidak pakai susu :) 

Resep Ganache

Bahan :
  • 200 gr whipped cream bubuk
  • 400 ml air dingin dari kulkas
  • 600 gr DCC
Cara buatnya :
  1. Tim DCC
  2. Selagi nunggu DCC leleh, kocok whipped cream dengan air sampai kaku
  3. Setelah leleh dan dingin, tuang DCC ke whipped cream dan dikocok lagi
  4. Simpan dalam kulkas untuk dipakai keesokkan harinya
  5. Ketika akan digunakan, kocok lagi ganache nya
sisa ganache nya
Kebetulan saya dapat sale chocolate transfer sheet. dapet 3 lembar pula, dimanfaatkan saja lah di cake ini. Liat yutub cara aplikasinya ke cake. Hehehe seru juga ya mainan cokelat begini. 
Cake nya diolesi ganache memutar seperti obat nyamuk bakar, lalu diberi selai stroberi supaya ada rasa asamnya sedikit, ditumpuk lagi degan cake. Hanya 2 layer tapi tingginya lumayan, setelah ditutup ganache semua tingginya 6 cm. Pinggiran cake saya beri choco transfer sheet. 1 lembar ga habis untuk dekor 1 cake ini. Setelah masang sheet, permukaan cake saya beri ayakan cokelat bubuk, supaya olesan yang ga rapi bisa ketutup :)
Karena ini kali pertama untuk saya, maka saya ambil sedikit adonan di loyang 15x10 untuk dimakan sendiri. Hmmmm yummi pisan euyyy. Lembut cake nya dan so sweet ganache nya :)

nyulik sedikit cake untuk dijadiin tester dan latihan nulis



No comments:

Post a Comment