Sunday, December 13, 2015

Workshop Foodphotography Bersama Bu Afif Haryanti

Bismillaah

Tanggal 9 Desember 2015, hari libur nasional karena ada momen Pilkada serentak. Saya ikutan WS nya Bu Afif di rumah beliau didaerah yang deket sama rumkit Pasar Rebo. Sedangkan suami dan anak-anak nunggu di museum iptek TMII. Workshop ini khusus diadakan Bu Afif untuk kami-kami yang baru melek FP dan hanya bermodal kamera hape. 
Pelajaran pertama masuk ke setting kamera. Maka saya buka mode kamera hape saya. Galaxy Note 2, lungsuran suami :) Ada beberapa istilah disitu
  • ISO ada pilihan 50 sampe 800. Semakin tinggi ISO maka akan semakin terang. Eits tapi tetep hati-hati dengan noise atau bintik-bintik. Kalau mau low key atau foto yang dramatis gitu pakai ISO 50-200
  • Exposure Value juga, makin ke kanan makin terang
  • Metering di hape saya ada Matrix, Center-weighted dan Spot. Itu untuk ngukur fokusnya. Kalau spot di satu titik aja
  • Mode Focus ada Macro dan Auto. Disuruh milih Macro. Macro gunanya untuk fokus benda yang lebih dekat ke kamera dan mem-blur-kan yang lebih jauh.
Prakteknya latihan foto kue dan stroberi. Yang kue indoor dan yang stroberi outdoor. Setelah melihat studio indoor di tepi jendela baru ngeh dan kebayang sama foto-foto Bu Afif selama ini :)

Bolu gulung sebelum edit
setelah edit
BTS nya ini, hanya obyeknya sudah berganti dengan bolgul 1 
Yang stroberi buat pembelajaran fungsi Macro. Ngambil efek blur, foto idaman kami kaum amatiran.

Setelah jepret, dilihat hasilnya, tiga stroberi yang didepan saat dizoom harus lebih jelas ketimbang yang ada di mangkok. Kalau masih tampak jelas maka jaraknya diperlebar lagi. Dua stroberi yang ditengah untuk mengisi ruang kosong diantaranya.

sebelum edit

setelah edit, walaupun sudah edit masih saja tampak gelap, artinya foto aslinya kekurangan cahaya :)
Alhamdulillaah setelah ikut WS ini agak sedikit mudeng fungsi settingan kamera di hape :) Oia semua foto diatas settingannya ISO 100, Macro dan Spot. Dan pakai cahaya matahari alias natural lighting. 

No comments:

Post a Comment