Friday, December 11, 2015

Roti Manis Tanpa Ulen Nikmatul Rosidah

Bismillaah

Karena masih penasaran dengan hasil praktek donat yang lalu, search lagi di internet, tapi yang ga mau ribet dan melelahkan. Yang simpel saja, lalu kepikiran resep-resep roti mbak Nikmatul kan praktis. Buka gugel ketemu disini
Saya buat separuh dari resep yang tertulis, seperti biasa, perut kami kapasitasnya kecil :) Adonan roti yang sudah dibentuk sempat nginep 1 jam di kulkas karena harus dipotong iklan. Setelah iklan selesai langsung dikeluarin, dithawing lalu dioven dan digoreng. Matengnya pas menjelang maghrib dan mendung berat sehingga fotonya burem. Fotonya kan ngandelin cahaya matahari banget. 

Sweet Roll Tanpa Uleni 
(Nikmatul Rosidah)

Bahan  A

50 ml air hangat (saya pakai air suhu ruang)
2 1/4 sdt ragi instan
1/4 sdt gula pasir

Bahan B

510 gr terigu protein sedang (saya pakai protein tinggi)
1 1/2 sdt garam
50 gr gula pasir
75 gr mentega atau margarin (saya pakai campuran keduanya)
1 telur
250 ml susu plain hangat (saya pakai suhu ruang)

Bahan olesan

20 gr mentega
3 sdm gula halus
1 sdt madu

Cara membuat :
  1. Campur bahan A, dan diamkan beberapa menit hingga berbuih
  2. Dalam baskom, campur terigu + garam + gula pasir. Aduk-aduk, masukkan mentega
  3. Masukkan cairan ragi dan telur, ratakan
  4. Terakhir masukkan susu, adonan akan lengket sekali. Jika memakai terigu protein sedang, tidak usah diulen, langsung saja diproofing. Karena saya menggunakan protein tinggi, menurut si empu resep harus diuleni selama 7 menit. Setelah diuleni, adonan menjadi kalis, ga lengket ditangan dan di baskom. Proofing sampai 1 jam
  5. Kempeskan lalu bentuk sesuai selera. 

Saya bikin roll, bikin cinroll, bikin bulet konvensional dan ada juga yang saya goreng. Hasilnya semua sama...lembut dan ringannnnn serasa terbang melayang, empuuk.

bahan olesannya untuk ngoles roll ini



ini juga pakai bahan olesan diatas, tambahan gula palem dan kismis
Note :

Beberapa hari yang lalu saya kepengen bikin donat, tapi karena terigu protein tinggi tinggal sedikit, saya campur dengan protein sedang. Dan donatnya gagal kalis.

No comments:

Post a Comment