Friday, August 28, 2015

Bolu Kayumanis

Bismillaah


Apakah itu bolu kayumanis ? Cake yang saya namai bolu kayumanis ini adalah spekuk wannabe. Hehehe...pakai resep spekuk tapi ga ada bubuk spekuk nya. Saya pengen banget makan spekuk lagi setelah makan sepotong spekuk yang ada di box snack. Cuma sepotong kok rasanya kurang banget. Saya memang sengaja membiarkan makan apa saja, nuruti apa yang saya pengen tapi males bebikinan. Nanya sana sini ternyata harganya lumiyin..padahal kalau bikin sendiri semua bahan ada, kecuali bubuk spekuknya sih. Yah sudah lah bikin aja, pakai 3 telur :)

Resep saya dapat dari pawonsgallery

Bahan A 
3 telur
60 gr gula palem (saya pakai gula merah yang dirajang kecil-kecil)
15 gr gula pasir

Bahan B
75 gr terigu
1/2 sdt kayu manis bubuk

Bahan C
15 gr mentega
30 ml santan kental

Cara membuat

Panaskan oven, oles loyang tulban dengan margarin lalu dibubuhi terigu. Untuk resep diatas saya pakai loyang tulban kecil dan loyang brownies kecil
Mix bahan A sampai kental
Ayak bahan B kedalam adonan A, aduk balik
Terakhir masukkan bahan C dan aduk balik
Tuang ke dalam loyang. Taburi kacang kenari atau almond
Oven hingga saat dilakukan tes tusuk, tidak ada adonan yang menempel
Keluarkan dari loyang. Ada baiknya saat mengeluarkan dari loyang, dialasi kain bersih agar permukaan cake mulus, tadi saya lupa step ini


Kue nya harum..yang loyang kotak langsung habis sama anak-anak, ga sangka mereka doyan. Karena ga ada bubuk spekuknya jadinya ya rasanya berbeda dengan bolu yang saya makan di box snack kemarin.
Ngiris kue nya juga hancur..teksturnya spongi banget.

No comments:

Post a Comment