Thursday, October 6, 2016

Roti Kasur Kentang

Bismillah



Beberapa waktu lalu praktek stik kentang gagal, padahal sudah ngukus 1 kg kentang. Banyak sisanya, teronggok di kulkas. Pilihan ke roti kentang untuk bekal sekolah. Sudah dari lama saya pengen bikin roti yang dempet-dempet alias roti kasur atau roti sobek maka ini lah kesempatannya :) Siapkan lengan yang kuat untuk nguleni. Lagi-lagi saya pilih resep dari blog ricke just my ordinary kitchen, potato buns.

Roti Kasur Kentang by Ricke Indriani

Bahan :

200 gr terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang (saya pakai protein tinggi juga)
100 gr kentang kukus yang dihaluskan (saya pakai 140 gr)
6 gr ragi instan
10 gr susu bubuk
2 kuning telur (saya ga pakai)
65 gr gula pasir
125 ml air
35 gr margarin
sejumput garam
Meses untuk isian

Cara membuat :

Campur terigu + ragi + kentang + susu bubuk + gula pasir aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni, lalu campurkan margarin, uleni lagi, Terakhir masukkan garam. Uleni sampai adonan lembut. Setelah lembut bulatkan adonan, diamkan sampai mngembang volume 2x. Lalu kempeskan dan timbang, saya timbang 30 gr, dibulat lagi dan tunggu ngembang lagi. Gilas adonan, masukkan meses bulatkan dan tata di loyang. Saya loyangnya bundar diamer 22 cm diisi 9 adonan. Empet-empetan jadinya. Beberapa saya ga isi karena pengen diisi patties ayam.
Panggang dioven dengan api besar di rak bawah setelah permukan atas semu cokelat, pindah ke rak atas, sampai atasnya 'terbakar'. Karena saya ga pakai polesan maka saya pakai trik ini untuk membuat permukaan roti menjadi seksi. Lalu keluarkan dan poles permukaan roti dengan margarin supaya kinclong dan tidak kering.







No comments:

Post a Comment