Friday, September 16, 2016

Brownies Ketan Hitam

Bismillah

Stok 2 plastik tepung ketan hitam sudah lama banget nangkring di lemari. Dulu pas beli kepikiran apa ya...Pas dirumah mau eksekusi brownies ketan hitam maju mundur aja. Teksturnya yang kasar bikin khawatir kalau-kalau duet kecil ga mau makan. Lah terus siapa yang makan kalau mereka ga mau. Ah biarlah, ada tetangga yang bisa jadi pengganti duet kecil.

Saya ngincer resep bronketem Teh Ricke ordinarykitchen. Tapi kok qodarullah saya lupa dengan beberapa bahannya. Walaupun demikian, alhamdulillah duet kecil lahap makannya. 



Brownies Ketan Hitam

6 telur
200 gram gula pasir
Ovalet dan garam (saya ga pakai)
2 sdm SKM (saya kelupaan)
20 gram bubuk cokelat 
250 gr tepung ketan hitam
100 gram DCC dilelehkan
200 gram minyak sayur atau margarin/mentega leleh atau di-mix (saya pakai full minyak sayur)
Meses (skip)

Kocok telur dan gulpas sampai kental putih berjejak. Setelah itu tuang SKM kedalamnya. Step ini saya kelupaan. Padahal kalengnya nongkrong di depan mikser. Sambil nunggu adonan kental, saya ayak tepung dan bubuk cokelat. Setelah kental, kecepatan mikser saya turunkan ke 1 dan saya masukkan adakan tepung secara bertahap. Terakhir saya masukkan campuran DCC dan minyak dengan teknik aduk balik. Oiya kukusan sudah dari awal saya panaskan dengan api sedang cenderung kecil. Saya pakai loyang 30x10 2 buah. Adonan langsung saya masukkan semua. Karena saya ga pakai ovalet jadi saya khawatir adonan ga bisa nunggu. Sebenarnya bisa nunggu apa engga sih ya ?

Setelah matang, satu loyang langsung saya balik. Hasilnya agak patah. Rapuh. Loyang yang terakhir saya balik pas sudah benar-benar dingin dan bisa dibalik dengan okkeh. 




No comments:

Post a Comment